HAL YANG WAJIB DILAKUKAN SEBELUM DAN SESUDAH VAKSIN

by Admin

Posted on 2021-07-13 13:11:07



Seiring kembali meningkatnya penularan virus Covid-19, Program vaksinasi Covid-19 makin digencarkan oleh pemerintah sebagai salah satu cara untuk memutus tali persebaran virus yang meningkat. Hal tersebut diupayakan pemerintah agar segera tercapainya Herd Immunity di kalangan warga Indonesia.

Banyak berita bertebaran bahwa vaksinasi menimbulkan beberapa efek pada tubuh tergantung dengan kondisi tubuh masing-masing individu yang divaksinasi. Nah, taukah kalian bahwa ada beberapa hal wajib yang harus dilakukan baik sebelum ataupun sesudah melakukan vaksinasi agar tidak terjadi efek serius pasca penyuntikan vaksin agar mengurangi dampak yang terjadi pada tubuh pasca vaksinasi.

Berikut ini apa saja yang harus dilakukan baik itu sebelum atau sesudah vaksinasi:

Sebelum Vaksinasi

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Sebelum vaksinasi dilakukan, pastikan tubuh sudah tercukupkan nutrisinya. Banyak makan-makanan bergizi dan seimbang serta ditambah dengan asupan vitamin yang cukup melalui konsumsi buah-buahan.

2. Hindari Olahraga Berlebihan

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat baik bagi tubuh, namun harus dengan sesuai porsinya jangan sampai berlebihin yang menyebabkan tubuh menjadi kelelahan.

3. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup dapat membuat badan lebih fit dan lebih siap untuk menerima asupan vaksin. Usahakan minimal tidur 7 jam satu hari sebelum dilakukan vaksinasi

4. Informasikan Kondisi Kesehatan Diri

Jujur dan informasikan kondisi kesehatan diri anda ketika menjalani tahap skrining sebelum vaksinasi. Hal ini ditujukan agar tenaga kesehatan dapat menentukan dengan tepat apakah anda layak atau belum layak untuk divaksinasi agar tidak muncul kejadian yang tidak diinginkan setelah vaksinasi.

5. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Sejatinya minuman beralkohol kurang baik untuk tubuhdan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun sebelum vaksinasi.

6. Jalani Pengobatan Dari Dokter

Segera jalani pemeriksaan dan pengobatan dari dokter jika ada gejala kurang sehat dalam tubuh, agar badan kembali fit dan dapat segera mendapatkan vaksinasi.

 

Sesudah Vaksinasi

1. Redakan Efek Samping Vaksin

Apabila terasa tidak enak pada tubuh, segera minum obat yang sudah dianjurkan tenaga medis pada saat vaksinasi

2. Terapkan Protokol Kesehatan

Karena vaksin tidak dapat membuat diri sepenuhnya kebal terhadap virus covid-19, ada baiknya kita tetap selalu menerapkan protocol kesehatan yang dianjurkan sampai pandemic ini benar-benar selesai

3. Informasikan Kondisi Kesehatan Diri

Jika kondisi tubuh belum membaik paska mendapatkan vaksin, segera kunjungi tenaga medis terdekat agar mendapatkan tindakan lebih lanjut untuk meredakan efek vaksinasi.

4. Mendapatkan Vaksinasi Untuk Penyakit Lain Setelah Vaksinasi

Pengobatan lanjutan terkait efek samping yang dimunculkan oleh vaksin sangat perlu diberikan agar efek samping dapat segera ditangani.

5. Perhatikan Efek Samping Vaksin

Meskipun tidak semua orang dapat merasakan efek samping dari vaksinasi, ada baiknya setelah vaksinasi kita tetap memperhatikan dan merasakan adakah yang kurang baik dalam tubuh paska vaksinasi, agar segera dapat pengobatan untuk meredakan efek samping vaksinasi.


Yuk kita dukung program vaksinasi ini dengan segera mengunjungi sentra vaksinasi yang sudah disediakan pemerintah! Bagi yang sudah divaksinasi, tetap jalankan protokol kesehatan ya, karena vaksinasi bukan membuat kita kebal terhadap virus, namun mengurangi resiko terjadinya efek parah jika terpapar virus covid-19.