7 TIPS SEHAT DAN SELAMAT BEKERJA DI LABORATORIUM

by Admin

Posted on 2021-07-28 10:01:55



Bekerja sebagai seorang "Laboran" tentunya memiliki resiko tersendiri yang sewaktu-waktu dapat terjadi ketika sedang menjalankan tugas. Berikut ini Besha jabarkan 7 Tips singkat agar sehat dan selamat ketika sedang berada di laboratorium kimia, agar selalu terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

1. JANGAN MAKAN DAN MINUM DI LABORATORIUM

Makan dan minum bisa jadi sumber distraksi disaat seharusnya kalian fokus dengan bahan kimia yang ada di Laboratorium. Bayangkan apabila makanan atau minuman kalian terkontaminasi bahan kimia berbahaya, bisa kalian bayangkan bukan betapa berbahayanya jika masuk ke tubuh? Hii serem ah

2. JANGAN BEKERJA SENDIRIAN

Disini bukan berarti kalo Laboratorium itu tempat yang angker ya sobat. Dengan kalian bekerja bersama-sama, selain lebih dapat mempermudah dan mempercepat pengerjaan, tidak bekerja sendirian juga dapat memperkecil resiko terjadinya kesalahan dalam bekerja loh

3. SELALU PERHATIKAN TANDA PERINGATAN

Memperhatikan tanda peringatan harus menjadi kebiasaan bagi siapapun dan dimanapun terutama di dalam Laboratorium Kimia yang menyimpan berbagai macam resiko berbahaya. Biasanya di dalam Laboratorium selalu terpasang banyak tanda peringatan untuk memastikan para pekerja atau pengunjung laboratorium mengetahui mana yang berbahaya dan terhindar dari bahaya tersebut.

4. PASTIKAN ALIRAN SIRKULASI UDARA BEKERJA DENGAN BAIK

Laboratorium merupakan tempat banyak berada bahan-bahan kimia berbahaya, seperti gas hasil pengujian bahan kimia dan sebagainya. Dengan sirkulasi udara yang baik, udara di dalam Laboratorium akan selalu berkualitas untuk dihirup. Karena jika sirkulasi udara tidak bekerja dengan baik, akan timbul masalah kesehatan jangka panjang nantinya

5. MEMAKAI PAKAIAN KHUSUS LABORATORIUM

Pakailah jas lab, sarung tangan, masker, kaca mata dan alat pelindung diri (APD) yang diperlukan dengan baik. Gunakan sepatu yang menutup semua bagian telapak kaki. Sepatu akan melindung kaki dari jatuhan alat lab, tetesan dan tumpahan bahan kimia. Rambut panjang harus diikat dan dirapihkan. Rambut panjang yang bebas terurai dapat menjadi pemicu kebakaran saat kamu bekerja di lab bersuhu tinggi atau dapat juga pada alat lab berputar.

6. SELALU PERHATIKAN BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA

Kombinasi bahan dibawah ini berpotensi terjadi kecelakaan kerja, oleh karenanya harus dihindari. Kalaupun kamu nggak bisa mengelak dari reaksi itu, pastikan kamu sudah memastikan semua aspek keamanan reaksi berjalan baik.

  • Natrium atau Kalium dengan air
  • Amonium nitrat, serbuk seng dan air
  • Kalium nitrat dengan natrium asetat
  • Nitrat dengan ester
  • Peroksida dengan magnesium, seng atau aluminium
  • Benzena atau alkohol dengan api

7. MINUM SUSU DAN MAKANAN MENGANDUNG ANTIOKSIDAN

Setelah selesai bekerja atau berkunjung ke Laboratorium Kimia, pastikan selalu mengonsumsi susu dan makanan mengandung Antioksidan seperti buah segar, sayur segar dan tempe. Susu berperan sebagai antidotum yang meminimalisir efek bahan asing termasuk bahan kimia yang secara sengaja atau nggak sengaja masuk ke tubuh. Sedangkan antioksidan akan mencegah dan membantu perbaikan kembali, kerusakan sel-sel tubuh karena paparan bahan kimia.

 

Nah itu beberapa tips singkat agar sehat dan selamat bekerja di laboratorium, Semoga dapat bermanfaat ya sobat LAB!

 

rujukan: https://linisehat.com/7-tips-agar-tetap-sehat-dan-selamat-saat-laboratorium-kimia/