Tachypleus Kini Resmi di Lindungi – Bagaimana Kelangsungan Pasokan TAL di Indonesia ?

by Admin

Posted on 2021-03-30 11:08:04



Di kutip dari laman pemerintah China, pada tanggal 9 Februari 2021 Kementrian Kehutanan dan Pertanian China telah resmi menetapkan 980 spesies dan 8 kategori hewan langka masuk dalam kelompok yang di lindungi dan di larang untuk di tangkap. Masuk dalam kelompok tersebut adalah Tachypleus atau yang lebih di kenal sebagai kepiting ladam kuda asia.
 
Tachypleus sudah lama di tangkap secara berlebihan dari alam untuk di ambil darahnya sebagai bahan baku produksi TAL, untuk memenuhi kebutuhan uji endotoksin di China dan di negara negeri lain di kawasan Asia. Sedangkan dagingnya di konsumsi. Eksploitasi yang berlebihan selama bertahun tahun itu menyebabkan populasi Tachypleus menyusut dengan drastis. Hal itu sudah menjadi perhatian dari berbagai  lembaga konservasi di China maupun di dunia selama beberapa tahun terakhir dan akhirnya setelah 32 tahun, pemerintah China resmi menetapkan Tachypleus sebagai salah satu hewan yang langka dan wajib di lindungi.

Lalu bagaimana dengan ketersediaan TAL untuk uji Endotoksin ? Jika Tachypleus tidak boleh lagi di tangkap, tentunya akan berakibat pada menurunnya ketersediaan TAL. Kemudian jika konsumsi TAL di China sendiri cukup banyak, apakah pasokan TAL ke negara negara Asia di luar China masih dapat di jamin ?
 
PT Besha Analitika bersama sama dengan FujiFilm memberikan dukungan untuk pelanggan yang ingin mencoba produk LAL dari FujiFilm. Kami akan memberikan LAL beserta dengan CSE nya untuk trial atau validasi dengan cuma cuma. GRATIS.  Dan lebih dari itu, kami akan memberikan pendampingan tenaga ahli selama trial untuk mendapatkan manfaat optimal dari reagen LAL FujiFilm.
 
FujiFilm memproduksi LAL untuk Uji Endotoxin. LAL dari Fujifilm Wako di kenal karena stabilitas,  perolehan kembali (recovery) dan biaya uji per contoh yang sangat kompetitif di bandingkan dengan produk LAL sejenis yang ada di pasaran. Dari pengujian terhadap 9 jenis contoh, LAL dari FujiFilm memberikan recovery 85 – 116 % untuk semua jenis contoh tersebut. Produk TAL gagal memberikan recovery yang baik untuk 6 sampai dengan 7 jenis contoh (tergantung pembuat TAL nya), sedangkan LAL lain yang ada di pasaran gagal memberikan recovery yang baik untuk 3 sampai dengan 5 jenis contoh.
 
Silahkan hubungi 08118488842 untuk informasi lebih lanjut

 

Salam Hangat,

PT Besha Analitika

 

*Link Rujukan