BABAK BARU USP 922 – MENGUKUR WATER ACTIVITY DALAM 1 MENIT

by Admin

Posted on 2021-03-29 14:32:22



Industri Farmasi telah lebih dari 30 tahun menggunakan Metoda Titrasi Karl Fisher untuk menentukan kadar air total dalam produk obat oral (USP 921). Namun aktifitas air (aW) lah yang sebenarnya terkait langsung dengan stabilitas kimia, stabilitas mikroba, sifat alir, kepadatan, kekerasan dan laju disolusi produk obat. Karena pentingnya parameter aktifitas air (aW) dalam formulasi obat, pemilihan bahan kemasan, proses produksi dan stabilitas obat, USP merekomendasikan untuk di lakukan pengukuran nilai aktifitas air. USP saat ini sedang menyiapkan babak baru untuk pengujian aktifitas air (aW) dengan USP 922 yang di duga akan di keluarkan secara resmi di bulan Mei 2021

Di industri makanan, pengukuran aktifitas air sebenarnya bukanlah hal yang baru. Berbagai teknik dan sensor telah di kembangkan untuk mengukur nilai aktifitas air. Namun pengukuran nilai aktifitas air dalam produk farmasi menjadi tantangan tersendiri karena produk farmasi umumnya terpapar dengan bahan bahan yang mudah menguap (volatile) yang keberadaannya akan menimbulkan pembacaan nilai aW yang tidak akurat, pengukuran aW yang sangat lama atau bahkan dalam beberapa kejadian dapat menyebabkan kerusakan alat jika tidak di pasang filter yang tepat. Selama bertahun tahun, perhitungan teoritis secara manual hanyalah satu satunya cara untuk mendapatkan nilai aW yang akurat dalam produk farmasi.

Kini penantian itu telah berakhir. Aqualab TDL2 dari Metergroup dengan teknologi laser mampu mengukur nilai aW dalam produk farmasi dengan sangat akurat (akurasi +/- 0.005 aW) dalam waktu yang cepat (umumnya tidak sampai 1 menit), dan sesuai dengan rekomendasi USP 922.

Untuk mengetahui unjuk kerja Aqualab TDL2 terhadap contoh yang volatile, silahkan klik DISINI

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terhadap produk Aqualab TDL2 hubungi 08118488842